Thursday, April 4, 2013

Lagi Lagi Karyawan Foxconn Coba Melakukan Bunuh Diri

#98fcde


[imagetag]


Aksi loncat dari gedung kembali dilakukan pekerja Foxconn. Kali ini, seorang wanita nekat terjun dari atap pabrik Foxconn di Longhua Park karena stres memikirkan ancaman PHK (pemutusan hubungan kerja).

Wanita ini sebelumnya mendengar kabar bahwa pabrik tempatnya bekerja akan memangkas jumlah karyawan untuk menekan biaya operasional. Sumber informasi lain menyebutkan, PHK ini juga merupakan imbas dari berkurangnya pesanan perusahaan mitra mereka seperti Apple.

Media lokal China's People's Daily Online melaporkan, wanita itu melompat dari atap pabrik sekitar pukul 9 pagi waktu setempat pada Jumat lalu. Tak sendirian, tiga rekannya juga mengancam akan melakukan aksi serupa.

Wanita itu dilaporkan selamat dan masih hidup. Namun belum ada informasi mengenai tiga orang lainnya yang mengancam akan melompat.

Kasus semacam ini bukanlah hal yang baru terjadi di Foxconn. Sejak 2010, belasan karyawan di sana tercatat melakukan upaya bunuh diri, bahkan beberapa di antaranya tak tertolong.

Klien Foxconn adalah perusahaan besar seperti Apple, Microsoft dan HP. Namun rekanan terbesar mereka adalah Apple. Gadget seperti iPhone dan iPad, dirakit di pabrik Foxconn.

Karenanya, banyaknya permasalahan yang menimpa Foxconn dinilai juga sebagai tanggung jawab Apple. Kondisi pabrik yang kurang layak dan upah tidak memadai sering dituding membuat pekerja tertekan.

Tahun lalu, CEO Apple Tim Cook berkunjung ke salah satu pabrik Foxconn. Kala itu, dia berjanji untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai dengan kenaikan upah.

Sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

IDEGUE NEWS

BERITA TERBARU

Blog archive

Fans idegue network

Followers

 

Idegue network Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger