Wednesday, April 17, 2013

Fakta Kehidupan Orang Mesir Kuno Yang Jarang Diketahui



[imagetag]

Kawan, sejak dahulu banyak orang yang telahterpesona dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan Mesir Kuno. Negara inisudah menjadi inspirasi masyarakat di dunia, baik yang berhubungan dengankeindahan peradaban padang pasir-nya, piramidnya serta kemajuan ilmu danteknologi.

Dari hasil ngeluyur sana sini di dunia mayamaupun literatur offline, saya coba menghadirkan beberapa fakta-fakta menariktentang Mesir. Fakta-fakta ini berkaitan dengan kebudayaan Mesir Kuno dankondisi masyarakat Mesir yang mungkin saja banyak yang belum diketahui.

Fakta-fakta tersebut adalah :

1. Raja Firaun, Faktanya ia tidak pernahmembiarkan rambutnya terlihat orang lain. Ia selalu mengenakan mahkota atauhiasan kepala yang disebut Nemes (hiasan kepala kain bergaris bertahta topengemas Tutankhamen).

2. Untuk mencegah lalat mendarat pada dirinya,Raja Pepi II selalu menempatkan seorang budak telanjang di dekatnya yangtubuhnya diolesi madu.

3. Laki-laki dan wanita Mesir selalumengenakan makeup eyepaint (riasan lukis alis), biasanya berwarna hijau (yangterbuat dari tembaga) atau berwarna hitam (yang terbuat dari timah). Merekapercaya bahwa riasan itu memiliki kekuatan penyembuhan. Awalnya riasan itudigunakan sebagai perlindungan dari chaya matahari.

4. Penggunaan antibiotik bukan dimulai di abadke-20, di kebudayaan kuno Mesir obat rakyat juga menggunakan makanan berjamuratau tanah, misalnya untuk mengobati luka infeksi diobati dengan roti berjamur.

5. Anak Mesir tidak mengenakan pakaian samasekali sampai mereka berada di usia remaja. Suhu di Mesir membuat mereka merasatidak perlu menggunakan baju. Laki-laki dewasa mengenakan rok sementara wanitamengenakan gaun.

6. Orang kaya Mesir mengenakan wig sedangkankelas-kelas lain memanjangkan rambut mereka. Sampai usia 12 tahun, anaklaki-laki Mesir mencukur habis kepala mereka dan hanya meninggalkan sedikitkuncir, alasannya sebagai perlindungan terhadap kutu.

Sumber

#98fcde
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

IDEGUE NEWS

BERITA TERBARU

Blog archive

Fans idegue network

Followers

 

Idegue network Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger