Friday, March 29, 2013

Tips Memulai Bisnis Dari Muda

#98fcde


[imagetag]


Berbisnis di usia muda bukanlah hal yang tidak mungkin. Selama ada kemauan dan kerja keras hal itu juga bisa diwujudkan. Salah satu wanita yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk berbisnis di usia muda adalah pemilik resto fastfood BonChon, Michelle E Surjaputra. Usianya masih 23 tahun saat mengawali bisnis ayam goreng tersebut.

Menjalani bisnis BonChon yang kini sudah memiliki sebelas cabang di usianya yang muda, Michelle kerap menemui kesulitan. Misalnya saja banyaknya tekanan berbagai pihak, menentukan strategi penjualan, hingga kesejahteraan karyawan yang jadi tanggungjawabnya. Namun menurutnya, segala kesulitan tersebut justru menjadi tantangan dan pembelajaran untuk bisa lebih baik lagi. Berbagai tantangan itu pun ia anggap sebagai praktik langsung dari segala teori yang dipelajarinya saat kuliah di New York UniversityLeonard N. Stern School of Business.

"Menurutku ini adalah proses untuk lebih berkembang. Setiap harinya saat kuliah saya belajar tentang bisnis. Jadinya sejauh ini berdasarkan pengalaman dari kuliah empat tahun ini. Tapi memulai bisnis baru itu, aku bisa bilang, begitu banyak tekanan. Dan kamu tidak hanya mengerjakan kerjaan kamu, tapi juga mengurusi 200 orang karyawan di bawah kamu. Ya, ini tantangan dan aku senang melakukannya," ungkap wanita kelahiran November 1988 itu.

Bagi Anda yang juga ingin memulai bisnis di usia muda, wanita yang hobi olahraga lari ini memberikan tipsnya. Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah riset sebelum membuka bisnis. Teliti juga tempat dan sasaran pasar yang ingin dituju. Michelle menambahkan, jangan ragu untuk sharing ide Anda tersebut ke orang-orang yang dipercaya, bisa keluarga ataupun sahabat.

Saling sharing juga berguna untuk Anda membuat rencana bisnis nantinya. Anda pun perlu mempertimbangkan langkah apa yang bisa diambil dan rencana cadangan lainnya untuk jangka waktu satu tahun hingga lima tahun. Tak hanya itu, menganalisis kompetitor juga penting, Michelle menambahkan.

Dengan persiapan matang sebelum memutuskan membeli BonChon membuat Michelle sukses bersaing dari lima orang lainnya yang juga ingin membeli franchise fastfood itu di Indonesia. "Itu juga bener-bener mempengaruhi CEO-nya untuk kasih franchise ke saya dan juga peran keluarga yang selalu support saya. Intinya pastikan kamu lakukan banyak penelitian sebelum mulai karena akan memudahkan hidupmu nantinya," tutur wanita kelahiran Jakarta ini.

Sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

IDEGUE NEWS

BERITA TERBARU

Blog archive

Fans idegue network

Followers

 

Idegue network Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger