Sunday, March 3, 2013

Terungkapnya Makhluk Purba Yang Mempunyai Kaki Di Kepala

#98fcde


[imagetag]
Fuxhianhuiid

Paleontolog menemukan fosil makhluk laut purba berusia 520 juta tahun. Yang unik dari makhluk tersebut, alat gerak atau kakinya berada di kepala.

Makhluk itu sejatinya merupakan golongan arthropoda (hewan dengan kaki beruas-ruas). Para ilmuwan menyebutnya fuxhianhuiid. Hewan ini memiliki alat gerak dan sistem saraf yang masih sama-sama primitif. Adanya kaki di kepala bukanlah tanpa fungsi. Menurut peneliti, makhluk ini menggunakan kaki tersebut untuk mendulang makanan ke dalam mulut, selain untuk bergerak.

Penemuan ini sangat bermanfaat. Beberapa golongan arthropoda saat ini juga memiliki alat gerak di kepala. Ditemukannya fuxhianhuiid akan membantu paleontolog dan biolog menguraikan proses evolusi golongan arthropoda dengan kaki di kepala.

"Karena para biolog bergantung pada alat gerak untuk mengklasifikasikan arthropoda, seperti serangga dan laba-laba, studi kami memberikan referensi penting untuk merekonstruksi evolusi dan kekerabatan dari hewan paling beragam di bumi ini," kata Javier Ortega-Hernandez, paleontolog University of Cambridge yang melakukan penelitian.

Fuxhianhuiid hidup pada masa sebelum arthropoda-arthropoda daratan muncul akibat migrasi dan evolusi arthropoda laut ke darat. Masa tersebut disebut ledakan Cambrian, ketika banyak organisme multiseluler muncul dan berevolusi menjadi lebih kompleks.

Fosil fuxhianhuiid sebenarnya pernah ditemukan sebelumnya, tetapi dalam kondisi yang kurang sempurna. Ortega-Hernandez berhasil mengekskavasi fosil ini dari situs kaya fosil di China, sekitar wilayah Kunming, disebut Xiaoshiba.

Fuxhianhuiid diduga menghabiskan sebagian besar waktunya di dasar laut untuk mengais makanan. Makhluk ini juga diperkirakan bisa berenang dalam jarak pendek. Menurut ilmuwan, makhluk ini berevolusi dari cacing berkaki.

"Fosil ini adalah jendela terbaik untuk melihat hewan dalam fase yang paling primitif," kata Ortega-Hernandez

Sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

IDEGUE NEWS

BERITA TERBARU

Blog archive

Fans idegue network

Followers

 

Idegue network Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger