Thursday, March 7, 2013

Hotel Viura, Keteraturan dalam "Kekacauan" Arsitektur!



[imagetag]


Selain itu, hanya produk lokal yang dapat ditemukan di dalam hotel, terutama untuk wine salt. Hotel ini memproduksi, menggunakan, dan menjual garam anggur tesebut.



Friedrich Nietzsche pernah mengatakan, "Anda harus memiliki kekacauan dalam diri Anda untuk melahirkan bintang". Berangkat dari petikan ungkapan Nietzsche tersebut, segala hal mengenai Hotel Viura di bagian utara Spanyol ini menjadi semakin masuk akal.

Pada awalnya, Anda dan sebagian besar pengunjung hanya akan menyaksikan bangunan hotel yang tampak tidak beraturan. Bentuknya menyerupai balok bertumpuk dengan susunan sengaja tidak teratur. Bahkan, masing-masing "balok" tersebut juga tidak memiliki bentuk jelas dan seragam. Namun, ketidakteraturan tersebut sebenarnya menyimpan keindahan dan kenyaman pagi pengunjung hotel.

Hotel Viura berada di lanskap menakjubkan Villabuena de Alava di utara Spanyol. Konstruksi ini tidak hanya menjadi pelengkap lanskap alam yang indah daerah tersebut, namun juga berhasil bersanding di sebelah sebuah gereja tua tanpa mengurangi nilai estetika gereja tersebut.

Struktur bangunan hotel ini didesain oleh MUP-ARQ, sebuah firma arsitektur setempat. Bangunan ini mengkombinasikan berbagai strategi struktur dan material dari dalam dan luar lokasi pembangunan. Bangunan ini seolah mencuat keluar dari lereng bukit berbatu di belakangnya.

Lantai bawah hotel ini memajang restoran, pusat kebugaran. kafetaria, serta area informasi dan komputer. Di atasnya, terdapat 33 kamar standar, deluxe dan suite yang "terangkum" dalam tiga lantai.



[imagetag]
Konsep yang cenderung terbuka membuat para tamu dapat menikmati keindahan alam dengan mata telanjang. Konstruksi bangunan hotel ini memperoleh penghargaan tertinggi pada sertifikasi performa energi.

Secara umum, ketiga lantai tersebut tampak sengaja tidak dibuat menjulang ke angkasa. Ia mempertahankan profil yang "seolah-olah" rendah dengan penumpukan kubus-kubus berbentuk tidak persisi. Tumpukan ini seolah menampilkan ketidakteraturan dan mampu tumbang sewaktu-waktu.

Namun, meskipun mempertahankan tekstur alami, hotel ini juga memberikan unsur modern lewat pemakaian beton dan panel baja. Dualitas kromatik ini berada pada bagian dasar konstruksi, yaitu pilar-pilar yang membuat gedung ini seolah mengambang. Para tamu akan dibawa ke kamar mereka masing-masing melalui bagian interior dan eksterior.



[imagetag]


Konsep yang cenderung terbuka membuat para tamu dapat menikmati keindahan alam dengan mata telanjang. Konstruksi bangunan hotel ini memperoleh penghargaan tertinggi pada sertifikasi performa energi.

#98fcde


[imagetag]
Masing-masing "balok" tersebut juga tidak memiliki bentuk jelas dan seragam. Namun, ketidakteraturan tersebut sebenarnya menyimpan keindahan dan kenyaman pagi pengunjung hotel.

Kuali biomassa menggunakan olive pits atau lubang zaitun sebagai sumber bahan bakar yang dapat menghangatkan setiap ruang lewat sistem pemanas lantai. Selain itu, hanya produk lokal yang dapat ditemukan di dalam hotel, terutama untuk wine salt. Hotel ini memproduksi, menggunakan, dan menjual garam anggur tesebut.

Tidak cukup dengan penghematan energi di dalam hotel, hotel ini juga menyediakan sepeda gratis bagi para tamunya. Mereka ingin agar para tamu ikut berpartisipasi dalam usaha pembersihan lingkungan dan memberikan sudut pandang baru atas lanskap negara penghasil anggur dan kota tua Spanyol ini.

Sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

IDEGUE NEWS

BERITA TERBARU

Blog archive

Fans idegue network

Followers

 

Idegue network Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger