Saturday, March 16, 2013

Gamera Ii : Helikopter Bertenaga Manusia



[imagetag]

Tahukah anda di dunia ini ada sebuah kompetisi unik yang dinamakan AHS Sikorsky Prize atau kompetisi helikopter dengan tenaga manusia? AHS Sikorsky Prize sudah dicanangkan sejak tahun 1980 lalu dan sejak saat itu ratusan orang berlomba-lomba membuat helikopter yang mampu terbang dengan hanya memakai tenaga manusia.

Salah satunya ialah Departemen Teknik Aerospace di Universitas Maryland. Baru-baru ini sekelompok mahasiswa teknik disana sempat membuat sebuah helikopter tenaga manusia yang dinamakan Gamera II.

[imagetag]

Gamera II merupakan helikopter dengan empat motor yang digerakan dengan kayuhan kaki manusia, layaknya sepeda. Helikopter ini memiliki ukuran yang luar biasa besar dan empat buah baling-baling.

[imagetag]

[imagetag]

Pada ujicoba pertama pada Agustus lalu pesawat ini hanya mampu terbang setinggi 2,5 meter saja. Sementara untuk memenangkan Sikorsky Prize, minimal helikopter buatan manusia tersebut harus mampu mencapai ketinggian 3 meter hanya dalam waktu 60 detik. Selain itu helikopter haruslah buatan tangan manusia dan mampu dikendarai sampai 10 meter selama 60 detik penerbangan. Hingga saat ini belum ada satu helikopter pun yang mampu memenangkan Sikorsky Prize.

Sumber

#98fcde
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

IDEGUE NEWS

BERITA TERBARU

Blog archive

Fans idegue network

Followers

 

Idegue network Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger