Sunday, March 3, 2013

Ayo Siapa Yang Mau Bulan Madu Di Mars

#98fcde


[imagetag]
Ilustrasi kapsul Inspiration Mars Foundation yang akan membawa suami istri ke Mars tahun 2018.

Miliuner Amerika Serikat, Dennis Tito, membuka kesempatan pada pasangan suami istri untuk pergi ke Mars. Ia mengumumkan misi itu pada Rabu (27/2/2013) dalam konferensi pers peluncuran organisasi barunya, Inspiration Mars Foundation.

Misi ke Mars bagi suami istri itu akan ditempuh selama 501 hari, pulang pergi dari Bumi ke Mars. Misi ini tak bertujuan memasuki atmosfer ataupun mendarat di permukaan Mars, hanya melewati dari jarak yang sangat dekat saja. Menurut Tito, rencana mengirim suami istri adalah rencana sempurna. Bersama pasangannya, manusia yang menjalani misi tersebut secara sukarela takkan merasa kesepian. Selama 501 hari, pulang pergi ke Mars mungkin bakal terasa seperti bulan madu.

"Jika kau ada di tempat jauh dan Bumi terlihat kecil, hanya titik biru, kau akan butuh seseorang untuk dipeluk. Bukankah ini solusi lebih baik dari masalah psikologis yang mungkin dihadapi dalam isolasi?" kata Tito

Misi pengiriman suami istri ke Mars ini akan dimulai tahun 2018. Ada beberapa tantangan memang. Namun, diskusi Tito dengan Paragon Space Development Corporation dan pakar medis dari Baylor College of Medicine menyatakan bahwa misi mungkin dilakukan. Kajian untuk menyatakan misi ini mungkin dilakukan dengan penggunaan kapsul buatan SpaceX. Nantinya, masih perlu dipikirkan bagaimana mendukung kehidupan selama misi, termasuk perlindungan awak dari radiasi.

Tak seperti misi lain yang menarik biaya, misi ini gratis. Kesempatan diberikan bagi pihak yang tertarik dan terpilih. Inspiration Mars Foundation didirikan dengan uang Tito sendiri. Biaya lain yang dibutuhkan dalam misi akan didapatkan dari donor.

Tito mengatakan, "Ini misi dermawan. Saat misi ini selesai, saya takkan berakhir dengan sebuah perusahaan. Saya akan menjadi lebih miskin." Bagaimana? Ada yang tertarik mengikuti perjalanan berdua ke Mars?

Selain seorang miliuner, Tito juga turis antariksa pertama. Tahun 2001, ia membayar badan antariksa Rusia sebesar 20 juta dollar AS untuk terbang ke International Space Station dengan pesawat Soyuz. Ia berwisata selama 8 hari di antariksa.

Sumber
SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

IDEGUE NEWS

BERITA TERBARU

Blog archive

Fans idegue network

Followers

 

Idegue network Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger