Saturday, March 2, 2013

6 Tips Mengatasi Perut Buncit

Perut buncit jadi momok, namun kerap tak bisa dihindari seraya usia bertambah. Gangguan kesehatan serta penampilan jadi alasannya. Adakah cara mengatasinya?



Tak  hanya pria, wanita juga banyak yang mengalami hal ini. Bahkan, mereka

mengeluhkan perut yang terasa penuh dan tidak percaya diri saat memakai

baju ketat. Sebagian besar penyebab perut kembung ini disebabkan oleh

faktor diet dan gaya hidup.



#98fcde


[imagetag]



 

Coba ingat kembali berapa jumlah asupan karbohidrat yang dimakan setiap hari

dan cermati juga pola gaya hidup kita.  Berikut adalah beberapa tips

untuk menghilangkan perut kembung yang menjengkelkan, semoga bermanfaat

:)





1. Perbanyak Minum Air Putih



Jika perut kembung disebabkan oleh retensi air, Anda bisa mengatasinya

dengan minum lebih banyak. Tingkatkan asupan air antara 6-8 gelas

sehari. Banyak minum air putih bisa mencairkan konsentrasi sodium dalam

tubuh sehingga meningkatkan jumlah air yang dikeluarkan dari sistem

tubuh.



Minum lebih banyak air juga membuat  ginjal berfungsi secara efektif, membersihkan tubuh dari produk limbah.  Jangan mengganti air putih dengan minuman diet karena banyak mengandung  sorbitol, yaitu pemanis alami yang sulit dicerna dan dapat menyebabkan

perut kembung.



2. Makan Perlahan



Hindari makan cepat, karena ketika Anda menelan terlalu cepat, setidaknya

setengah liter udara dapat terjebak dalam usus dan kemudian gas akan

terbentuk dalam usus sehingga menyebabkan perut kembung. Usahakan duduk

saat makan.



Menurut Profesor Robert Allen,  British Federation of Gastroenterologists, makanan yang tidak dikunyah  menjadi potongan-potongan kecil akan sulit dicerna dan dimetabolisme

oleh bakteri sehingga menghasilkan gas berlebih yang menyebabkan  kembung.



Hindari mengunyah permen karet dan

merokok karena udara berlebih juga ditelan dengan cara ini. Menurut

Digestive Disorders Foundation, kembung juga dapat disebabkan konsumsi

makanan kaya berlemak yang memperlama pengosongan lambung.



3. Kurangi Asupan Garam



Terlalu banyak garam dalam pola makan akan menambah ekstra sodium dalam cairan

tubuh sehingga menghambat mekanisme pengeluaran air dari sel-sel tubuh.

Akibatnya sel-sel gemuk dengan air, menyebabkan perut terasa kenyang dan

buncit. Kebanyakan orang dewasa hanya membutuhkan 1.600 mg sodium per

hari – setara dengan sekitar 4 gr garam atau kurang dari satu sendok

teh.



Cobalah rempah-rempah yang berbeda dalam

makanan Anda, sebagai gantinya. Hindari daging olahan, keripik dan

makanan takeaway. Jika Anda merasa sulit untuk mengurangi asupan garam,

sebaiknya Anda konsumsi banyak makanan kaya kalium, seperti pisang dan

alpukat, untuk membantu mengimbangi retensi air yang disebabkan oleh

asupan natrium berlebihan.



4. Pilihlah Serat yang Tepat



Perbanyak asupan serat larut dari buah-buahan kaya serat seperti apel, pir, atau

buah-buahan yang memiliki kandungan air tinggi. Serat ini dibutuhkan

untuk menyerap air dalam usus agar bisa membantu mencegah kontraksi pada

perut.



Sebaiknya hindari kacang-kacangan.

Menurut Roy Pounder, Profesor Kedokteran di London Royal Free Hospital,

kacang-kacangan tidak diserap dalam usus besar, tetapi dipecah oleh

bakteri alami yang justru menghasilkan angin.



5. Hindari Sembelit



Perut buncit bisa disebabkan oleh sembelit atau sulit buang air besar. Untuk

merangsang isi perut, Anda bisa meningkatkan asupan serat dengan makan

buah dan sayuran. Lakukan secara bertahap untuk menghindari fermentasi

dan produksi gas yang berlebihan.



6. Olahraga Ringan



Olahraga ringan juga dapat mengurangi stres yang dapat mengganggu keseimbangan

usus yang sehat dan sistem pencernaan. Cobalah berolahraga secara

teratur, seperti berjalan kaki, berlari, atau bersepeda.

sumber



SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

IDEGUE NEWS

BERITA TERBARU

Blog archive

Fans idegue network

Followers

 

Idegue network Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger