Saturday, November 3, 2012

Teori Hollow Earth : Teori Konspirasi Tentang Bumi yang Sangat Menarik



[imagetag]

Pernahkah anda mendengar kata "Hollow Earth"? Mungkin hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Hollow Earth adalah sebuah teori (lebih tepatnya konspirasi) yang mengatakan bahwa ada dunia lain didalam bumi yang kita tempati. Dengan kata lain, ada kehidupan lain dibawah tempat kita sekarang.

Apakah anda percaya???

Beberapa orang percaya bahwa ada 2 kehidupan di bumi ini, yang pertama adalah kita, makhluk hidup yang tinggal di kerak bumi, dan yang kedua adalah kehidupan didalam bumi (hollow earth). Mereka percaya bahwa bumi kita ini sebenarnya dalamnya berongga, mempunyai matahari (energi) sendiri, dan mempunyai kehidupan sendiri (kurang lebih mirip dengan yang di film Journey To The Center Of The Earth).

Mereka menyatakan bahwa jauh di dalam rongga tersebut terdapat basis kehidupan lain atau dengan kata lain kehidupan dimana Alien berada, sekaligus basis dari pangkalan UFO (Unidentified flying Object) atau juga Dunia lain yang memang hidup sejak jutaan tahun lampau dengan peradaban yang tinggi ? mungkin saja hal itu benar.

Kepercayaan mereka bukannya tanpa alasan, ada beberapa fakta yang menyebutkan bahwa hollow earth itu ada. Berikut beberapa fakta yang saya dapat.

Teori North Pole



[imagetag]

Saya tidak mau menjelaskan yang ribet-ribet seperti koordinat kutub utara, asal muasal nama kutub utara, ketebalan esnya, letak pusat magnet kutub, dan sebagainya. Yang ingin saya sampaikan disini adalah adanya sebuah teori yang mengatakan bahwa jalan yang menghubungkan dunia luar (kita) dengan dunia dalam (hollow earth) terdapat di kutub utara.

Seperti pada gambar disamping, bagi mereka yang percaya hollow earth itu ada, jalan satu-satunya menuju dunia bawah tanah adalah dari kutub utara. Didalam sana terdapat matahari sendiri, gravitasi sendiri yang berbanding terbalik dengan gravitasi kita, dan mempunyai daratan (pulau) sendiri.

Salah seorang yang mempercayai keberadaan hollow earth adalah Laksamana Muda Richard E.Byrd (1929). Dia sangat penasaran dengan teori north pole ini, dia percaya akan adanya hollow earth. "I'd like to see that land beyond the (North) Pole. That area beyond the Pole is the Center of the Great Unknown".

Ia mengadakan ekspedisi untuk menyelidiki keberadaan hollow earth tersebut. Ia melakukan penerbangan sejauh 1700 mil, ketika ditengah perjalanan dia mengirimkan pernyataan mengejutkan melalui radio. "ternyata tidak semua daerah kutub itu es dan salju, saya mendapatkan daerah berhutan yang aneh. Tanaman-tanaman disini seperti berasal dari zaman dahulu. Saya juga melihat beberapa hewan-hewan aneh yang tidak pernah saya temui sebelumnya" ungkapnya.

Menurut para peneliti, mungkin Richard E.Byrd bukan hanya terbang mengitari kutub, tetapi dia masuk kedalam cekungan dibalik gunung-gunung es. Mungkin dia masuk kedalam rongga dibalik gunung, dan dia tidak sadar akan hal itu.

Tapi apa mungkin ada celah yang cukup besar untuk sebuah pesawat masuk? lalu kalaupun memang ada, seberapa dalamkah celah itu? kenapa E.byrd tidak menyadarinya? apakah dia berbohong? begitu banyak pertanyaan yang sampai sekarang belum terjawab.

Beberapa legenda atau cerita dalam kitab suci menguatkan teori ini.

Orang-orang Iran, Cina, Aztec dan juga Eddaic mempunyai legenda yang bersamaan maksudnya. Dikatakan bahwa adanya sebuah tempat tinggal yang diperuntukkan bagi dewa-dewa yang merupakan rumpun manusia pertama di planet bumi, dan mereka berkembang biak menjadi banyak. Lokasi tempat itu diberi nama "Pusat Bumi". Entah yang dimaksud 'pusat bumi' itu kutub utara atau justru perut bumi.



[imagetag]

Kutub Utara itu sendiri menyimpan rahasia yang tidak banyak orang tau. Orang mengira kutub utara itu ada. Tapi jawaban yang tepat ialah TIDAK ADA. Di belahan utara Bumi tidak ada kutub, yang ada adalah daratan es beku yang sangat luas dimana air laut terus menerus tiada hentinya masuk bagian planet ini. Dan suhu air laut itu sendiri mempunyai suhu cukup hangat (seharusnya dingin). Memang seperti yang dikatakan tadi, tidak masuk akal, darimanakah asal air hangat ini?.

Dr. Fridtjof Nansen dan Kapten C.F. Hall

Satu lagi orang yang mengaku pernah masuk kedalam hollow earth. Adalah seorang penjelajah terkenal bernama Dr. Fridtjof Nansen dari Norwegia. Ia mencoba untuk mencapai kutub utara pada tahun 1895. Ketika ia berada di daerah sana, ia kehilangan arah tujuannya, sehingga tak tahu dimana dia saat itu. Pada tanggal 29 Maret hingga musim bunga tahun 1896 Nansen sama sekali hilang!

Nansen merasa heran mendapatkan dirinya berada di daerah hangat, dan merasakan angin yang bertiup dari utara semakin panas, malah matahari sekali-kali terasa sangat panas dan dapat disimpulkan Kutub Utara mempunyai suhu dan iklim yang hangat. Ia mengukur kedalaman air itu, yang ternyata sangat dalam dan airnya juga hangat. Ia tak tahu dari mana asalnya air itu. Ia juga berjumpa/menemui tapak kaki rubah (binatang yang tak tinggal di kutub) yang masih baru. Serta juga mengalami peristiwa ganjil lainnya. Di kutub utara tak ada gunung berapi yang mengeluarkan debu. Debu-debu itu membuat salju berwarna hitam. Apakah debu itu merupakan debu dari dunia dibawah kutub itu? Mungkin saja!

Pengalaman yang sama dan persis dirasakan juga oleh Kapten C.F. Hall. Ia merasakan juga hangatnya air dan udara kutub, serta melihat rubah, unggas, binatang buruan, anjing laut juga jenis-jenis unggas yang mustahil hidup didaerah kutub (artik).

*****

*****

Memang jika kita lihat dari kesaksian dan pengakuan mereka sepertinya sesaat kita percaya bahwa memang hollow earth itu ada, setidaknya ada keanehan/kejanggalan di daerah kutub.

Agharta

Menurut seorang pelaut Norwegia bernama Olaf Jansen didalam buku biografinya "The Smoky God" menjelaskan bahwa Agartha adalah nama sebuah kota didalam hollow earth. Willis Emerson seorang penulis yang juga menulis kisah perjalanan Jansen didalam buku "Agartha Secrets of the Subterranean Cities" menjelaskan bagaimana sekoci Jansen berlayar melalui pintu masuk interior bumi di Kutub Utara.

Selama dua tahun ia tinggal bersama penduduk koloni Agharta. Dunia ini diterangi oleh matahari yang lebih berasap, dia menyebutnya "smoky sun". "Shamballa" adalah pusat pemerintahan di Agharta.

Cukup aneh memang bagi kita para orang awam, seperti cerita yang dibuat-buat. Terlalu banyak pertanyaan yang membuat kita penasaran. Saya lanjutkan....

Selama dua tahun tinggal di Agharta, Jansen mendapatkan banyak informasi yang mengejutkan. Menurut mereka, Agharta dulunya juga berada dipermukaan (kerak bumi), namun karena perang dahsyat yang terjadi pada masa itu menenggelamkan mereka kedalam bumi. Mereka mengaku Agharta adalah sisa-sisa peradaban Atlantis dan Lemuria.

Dahulu Atlantis dan Lemuria adalah dua kota terbesar dan termaju. Kemudian kedua bangsa ini bertempur, berperang dahsyat. Perang Thermo Nuclear yang dilancarkan kedua bangsa menyebabkan keduanya hancur dan jatuh kedalam bumi. Sisa-sisa pertempuran Atlantis dan Lemuria masih ada di permukaan, yaitu Gurun Sahara, Gurun Gobi, Bagian selatan Australia, dan Gurun di AS.



[imagetag]

Selain itu Jansen juga berhasil mengetahui terdapat beberapa titik yang dipercaya menghubungkan Agharta dengan permukaan. Beberapa titik tersebut adalah:

1. Gua Mommoth Kentucky, di selatan Kentucky, Amerika Serikat.

2. Gunung Shasta, California, Amerika Serikat kota Agharthean diduga terhubung dari bawah gunung ini.

3. Manaus, Brazil.

4. Mato Grosso, Brasil dipercaya kota Posid terletak di bawah dataran ini.

5. Iguacu Falls, perbatasan antara Brazil dan Argentina.

6. Gunung Epomeo, Italia.

7. Pegunungan Himalaya, Tibet pintu masuk diduga dijaga oleh para rahib Hindu.

8. Mongolia kota bawah tanah Shingwa diduga ada di bawah perbatasan Mongolia dan Cina.

9. Rama, India di bawah permukaan kota ini memang terdapat kota bawah tanah yang sudah lama hilang bernama Rama.

10. Pyramid of Giza, Mesir.

11. King Solomon's Mines

12. Kutub Utara dan Selatan, dan

13. Segitiga Bermuda.

Sejauh ini belum ada penyelidikan lebih lanjut di titik-titik yang disebutkan diatas. Yang anehnya lagi, banyak kesaksian penduduk sekitar yang sering melihat UFO didaerah yang disebutkan diatas. Apakah ada hubungannya? UFO dan Agharta?

Sebelumnya tokoh-tokoh ternama, seperti Plato, Galileo, Edmund Halley, dll pernah membuat teori yang menyatakan adanya kemungkinan kehidupan dunia bawah tanah (hollow earth) beserta dengan perhitungan dan pendapat mereka masing-masing.

Sebenarnya masih banyak legenda-legenda masyarakat yang berkaitan bahkan menyebutkan adanya kehidupan di dunia bawah (hollow earth), seperti Nagas-legenda dari india, dll.

sumber
#98fcde


Read more

10 Kartun Terbaik Di Era 80-an

Mari bernostalgia. Tahun 80-an boleh dibilang sebagai salah satu dekade yang paling berjaya. Breakdance, baju full warna, bahasa prokem alias preman dan juga film kartun , adalah beberapa hal yang patut dikenang. Membahas kartun , siapa saja sih yang dianggap banyak orang sebagai yang terbaik dan masih membekas di hati? Ini dia 10 kartun 80-an terbaik ...

10. Smurf

[imagetag]

Siapa tak ingat dengan sekumpulan manusia kerdil berwarna biru ini. Meski mereka terlihat sama, memakai pakaian yang sama dan tinggal di tempat yang sama, masing-masing smurf memiliki kepribadian unik yang mampu menyelamatkan grup dari Gargamel dan Azrael.

9. Gummi Bears

[imagetag]

Masih ingat nggak sama kartun yang satu ini? Itu lho, sekumpulan beruang berwarna-warni yang selalu berpetualang. Produksi Disney ini disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik yang dikeluarkan perusahaan raksasa film itu.

8. GI Joe

[imagetag]

Wah kali ini giliran para lelaki. Ngaku deh, siapa di antara kalian yang kemudian bercita-cita menjadi tentara karena menonton film ini. GI Joe benar-benar meraih sukses besar deh.

7. He-Man

[imagetag]

Jagoan yang satu ini digambarkan secara sempurna (pada zamannya) oleh sang kreator. Ganteng, berbadan tegap dan mampu mengalahkan siapa pun musuhnya. Sepertinya tak sedikit juga dari kita yang mempunyai imajinasi menjadi superhero seperti He-Man.

6. Transformers

[imagetag]

Yang satu ini tak perlu diragukan lagi ketenarannya. Kendaraan yang dapat berubah menjadi robot dan menumpas kejahatan, dianggap keren oleh pemirsa mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dari versi kartunnya dulu, hingga versi layar lebar yang dirilis pada 2007 silam, Optimus Prime dkk selalu berhasil mengundang kekaguman.

5. Mario Brothers

[imagetag]

Mario dan Luigi, dua kakak beradik ini mempunyai banyak sekali penggemar. Selain film kartun, game petualangan Mario Bros yang dikeluarkan Nintendo juga laku keras di pasaran. Kekonyolan mereka menjadi daya tarik tersendiri selain petualangan yang mengasyikan.

4. Rescue Rangers

[imagetag]

Film ini merupakan kisah petualangan Chip and Dale, dua tupai yang bersahabat namun tak jarang juga terlibat konflik. Menurut banyak orang, karakter yang melekat dalam benak publik serta cerita yang bagus, membuat Rescue Rangers dinobatkan sebagai salah satu yang terbaik.

3. Thundercats

[imagetag]

Tahun 80-an sangat mengedepankan kerjasama tim, dan tak ada kartun yang menunjukkan contoh tersebut lebih baik dari Thundercats. Sudah jelas kan mengapa kartun ini menjadi yang terbaik nomer tiga.

2. Duck Tales

[imagetag]

Siapa saja pasti mengingat lagu tema Duck Tales. Petualangan bebek kaya raya Scrooge McDuck dan ketiga bebek kecil, Huey, Dewey dan Louie, dinilai sangat epik. Tak ada anak yang rela melewatkan satu episode pun.

1. Voltron

Sumber

#98fcde
Read more

Inilah 5 Band Scream Dengan Vocalist Terbaik!

1. Danny Worsnop (Asking Alexandria)

[imagetag]

Dengan suara khasnya Danny memiliki soul tersendiri dalam bermusik, contohnya pada saat lagu di album Reckless and Relentless, Danny mampu menggabungkan antara Scream dan Growl. Coba kalau kalian lihat di lagu Morte Et Dabo pasti Danny bisa menyanyikan kedua jenis suara scream tersebut.

2. Oliver Sykes (Bring Me The Horizon)

[imagetag]

Oliver Sykes tidak akan pernah di ragukan lagi dalam mengolah suara scream

, pada saat lagu Pray For Plagues Oliver bisa scream satu lagu full tanpa adanya clean vocal sekalipun. karena scream itu adalah tekhnik vocal dengan teriak jadi teriak dengan vocal di gabungkan sama seperti pada saat kita teriak pasti akan mengeluarkan suara yang cukup keras.

3. Raynard Rheda Rahardja (Thirteen)

[imagetag]

Vocalist dari band Indonesia yaitu Thirteen itu mampu menyanyikan scream dengan suara yang berbeda dengan yang lain, suara scream yang agak sedikit di tekan seperti growl kalau kalian melihat dari seluruh album Thirteen pasti Raynard akan menyanyikan dengan tekhnik growl.

4. Dennis "Diablo" Lee (Alesana)

[imagetag]

Dennis di alesana mempunyai tekhik scream yang cukup tinggi dan agak susah di tiru oleh orang lain, nah di situlah kehebatan dari seorang Dennis.

5. Onadio Leonardo (Killing Me Inside)

Sumber

#98fcde
Read more

Unik Sepeda Transparan Dari China

Pada zaman modern ini, sebagian besar orang tentu memilih untuk berpergian menggunakan mobil, atau motor. Sedangkan, orang-orang yang menggunakan sepeda sudah sangat jarang ditemui.

Baru beberapa bulan belakangan ini, sepeda kembali marak digunakan, namun hanya sebagai alat untuk olahraga, atau mengisi waktu santai bersama keluarga.



[imagetag]

Namun, warga China masih banyak yang menggunakan sepeda untuk mengantar anaknya pergi sekolah, pergi ke tempat kerja, dan tempat tujuan lainnya.

Uniknya, sepeda yang digunakan warga China ini tidak kelihatan, alias sepeda transparan. Kita hanya dapat melihat sepeda yang digunakan dari bayangannya saja.



[imagetag]

Berikut ini beberapa foto asiknya warga China yang sedang mengayuh sepeda transparannya.

Inilah hasil karya fotografer cerdik, Zhaohua Sen. Zhaohua tertarik dengan ekspresi orang-orang yang masih bangga menggunakan sepeda di zaman yang serba canggih ini. Oleh karenanya, muncullah ide untuk meng-edit foto-foto tersebut dengan menghilangkan sepedanya. Hasilnya sangatlah unik, bukan?

sumber
#98fcde


Read more

Mengintip 'Istana' Pemain Sepakbola Termahal Di Dunia



[imagetag]

Berstatus sebagai pemain termahal di dunia, Cristiano Ronaldo memiliki beragam aset mewah. Selain gemar mengoleksi supercar dari bermacam merk, Ronaldo juga memiliki hunian bak istana di jantung kota Madrid.

Roh permainan Real Madrid tersebut tidak sungkan mengucurkan dana melimpah untuk membangun rumah idaman. Uang sebesar Rp120 milliar dikeluarkan CR7 guna menciptakan kediaman megah berasitektur minimalis. Apa Mesammesem mania penasaran? Yuk, kita mengintip istana pemain termahal di dunia di bawah ini :

Beranda rumah



[imagetag]

Selain untuk melepas penat, rumah tersebut dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunjang sebagai atlet profesional. Ronaldo membuat pusat kebugaran, kolam renang, hingga lapangan tenis plus sauna. Rumah tersebut juga memiliki 8 kamar tidur.

Kolam renang



[imagetag]

Belum puas, mantan pemain Manchester United tersebut membuat bioskop mini di dalam ruang tamu lengkap dengan sofa dan televisi layar lebar. Untuk mencirikan pemiliknya, Ronaldo juga mencantumkan inisial 'CR' di pintu masuk rumah.

Ruang tamu dan bioskop



[imagetag]

Pintu rumah



[imagetag]

Untuk menampung koleksi mobilnya, Ronaldo tidak lupa memberikan ruang garasi terbuka hijau di halaman rumah. Dengan gaji yang menyentuh angka €15 juta permusim atau sekitar Rp 185 milliar, rasanya tidak sulit buat pemain asal Portugal tersebut merealisasikan mimpi membangun rumah megah.

Halaman parkir



[imagetag]



sumber

#98fcde


Read more

Misteri Bangunan Piramida, Al-Qur’an Ternyata Lebih Dulu Punya Jawaban

BANGUNAN menjulang berbentuk segitiga itu, diyakini memiliki beragam analisis tentang misteri konstruksinya. Dibangun pada masa kekuasaan Firáun Khufu pada tahun 2560 SM, rupa-rupanya kontraversi masih terus berlanjut hingga akhir abad ke-19.



[imagetag]

Logika para ilmuwan pun bingung menangkap bagaimana sebuah piramida dibangun? Hal ini karena teknologi mengangkat batu-batu besar yang bisa mencapai ribuan kilogram ke puncak-puncak bangunan belum ditemukan di zamannya. Apa rahasia di balik pembangunan piramida ini?

Koran Amerika Times edisi 1 Desember 2006, menerbitkan berita ilmiah yang mengkonfirmasi bahwa Firaun menggunakan tanah liat untuk membangun piramida! Menurut penelitian tersebut disebutkan bahwa batu yang digunakan untuk membuat piramida adalah tanah liat yang dipanaskan hingga membentuk batu keras yang sulit dibedakan dengan batu aslinya.

Para ilmuwan mengatakan bahwa Firaun mahir dalam ilmu kimia dalam mengelola tanah liat hingga menjadi batu. Dan teknik tersebut menjadi hal yang sangat rahasia jika dilihat dari kodifikasi nomor di batu yang mereka tinggalkan.

Profesor Gilles Hug, dan Michel Profesor Barsoum menegaskan bahwa Piramida yang paling besar di Giza, terbuat dari dua jenis batu: batu alam dan batu-batu yang dibuat secara manual alias olahan tanah liat.

Dan dalam penelitian yang dipublikasikan oleh majalah "Journal of American Ceramic Society" menegaskan bahwa Firaun menggunakan jenis tanah slurry untuk membangun monumen yang tinggi, termasuk piramida. Karena tidak mungkin bagi seseorang untuk mengangkat batu berat ribuan kilogram. Sementara untuk dasarnya, Firaun menggunakan batu alam.

Lumpur tersebut merupakan campuran lumpur kapur di tungku perapian yang dipanaskan dengan uap air garam dan berhasil membuat uap air sehingga membentuk campuran tanah liat. Kemudian olahan itu dituangkan dalam tempat yang disediakan di dinding piramida. Singkatnya lumpur yang sudah diolah menurut ukuran yang diinginkan tersebut dibakar, lalu diletakkan di tempat yang sudah disediakan di dinding piramid.

Profesor Davidovits telah mengambil batu piramida yang terbesar untuk dilakukan analisis dengan menggunakan mikroskop elektron terhadap batu tersebut dan menemukan jejak reaksi cepat yang menegaskan bahwa batu terbuat dari lumpur. Selama ini, tanpa penggunaan mikroskop elektron, ahli geologi belum mampu membedakan antara batu alam dan batu buatan.

Dengan metode pembuatan batu besar melalui cara ini, sang profesor membutuhkan waktu sepuluh hari hingga mirip dengan batu aslinya.

Sebelumnya, seorang ilmuwan Belgia, Guy Demortier, telah bertahun-tahun mencari jawaban dari rahasia di balik pembuatan batu besar di puncak-puncak piramida. Ia pun berkata, "Setelah bertahun-tahun melakukan riset dan studi, sekarang saya baru yakin bahwa piramida yang terletak di Mesir dibuat dengan menggunakan tanah liat."



[imagetag]

Penemuan oleh Profesor Prancis Joseph Davidovits soal batu-batu piramida yang ternyata terbuat dari olahan lumpur ini memakan waktu sekitar dua puluh tahun. Sebuah penelitian yang lama tentang piramida Bosnia, "Piramida Matahari" dan menjelaskan bahwa batu-batunya terbuat dari tanah liat! Ini menegaskan bahwa metode ini tersebar luas di masa lalu. (Gambar dari batu piramida).

Sebuah gambar yang digunakan dalam casting batu-batu kuno piramida matahari mengalir di Bosnia, dan kebenaran ilmiah mengatakan bahwa sangat jelas bahwa metode tertentu pada pengecoran batu berasal dari tanah liat telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu dalam peradaban yang berbeda baik Rumania atau Firaun!

Al-Qur'an Ternyata Lebih Dulu Punya Jawaban

Jika dipahami lebih dalam, ternyata Alquran telah mengungkapkan hal ini 1400 tahun sebelem mereka mengungkapkannya, perhatikan sebuah ayat dalam Al Quran berikut ini:

"Dan berkata Fir'aun: 'Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan Sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa Dia Termasuk orang-orang pendusta." (QS. Al-Qashash: 38)

Subhanallah! bukti menakjubkan yang menunjukkan bahwa bangunan bangunan raksasa, patung-patung raksasa dan tiang-tiang yang ditemukan dalam peradaban tinggi saat itu, juga dibangun dari tanah liat! Al-Quran adalah kitab pertama yang mengungkapkan rahasia bangunan piramida, bukan para Ilmuwan Amerika dan Perancis.

Kita tahu bahwa Nabi saw tidak pergi ke Mesir dan tidak pernah melihat piramida, bahkan mungkin tidak pernah mendengar tentangnya. Kisah Firaun, terjadi sebelum masa Nabi saw ribuan tahun yang lalu, dan tidak ada satupun di muka bumi ini pada waktu itu yang mengetahui tentang rahasia piramida. Sebelum ini, para ilmuwan tidak yakin bahwa Firaun menggunakan tanah liat dan panas untuk membangun monumen tinggi kecuali beberapa tahun belakangan ini.

Ajaib, 1400 tahun yang lampau, Nabi Muhammad saw, berbilang tahun setelah Berakhirnya dinasti Firaun memberitahukan bahwa Firaun membangun monumen yang kelak dinamakan Piramid menggunakan tanah liat.

Kenyataan ini sangat jelas dan kuat membuktikan bahwa nabi Muhammad saw tidaklah berbicara sesuai hawa nafsunya saja melainkan petunjuk dari Allah yang menciptakan Firaun dan menenggelamkannya, dan Dia pula yang menyelamatkan nabi Musa … Dan Dia pula yang memberitahukan kepada Nabi terakhir-Nya akan hakikat ilmiah ini, dan ayat ini menjadi saksi kebenaran kenabiannya dikemudian hari!!

Subhanallah! Sungguh suatu hal yang hanya dapat dipahami oleh orang orang yang bukan sekedar berakal, tetapi juga mempergunakan akalnya. Wallahua'lamu

sumber
#98fcde


Read more

Tiwah, Ritual Mensucikat Mayat Ala Suku Dayak

Ritual Tiwah yaitu prosesi menghantarkan roh leluhur sanak saudara yang telah meninggal dunia ke alam baka dengan cara menyucikan dan memindahkan sisa jasad dari liang kubur menuju sebuah tempat yang bernama sandung.

Ritual Tiwah dijadikan objek wisata karena unik dan khas banyak para wisatawan mancanegara tertarik pada upacara ini yang hanya di lakukan oleh warga Dayak Kalteng. Tiwah merupakan upacara ritual kematian tingkat akhir bagi masyarakat suku Dayak di Kalimantan Tengah (Kalteng), khususnya Dayak Pedalaman penganut agama Kaharingan sebagai agama leluhur warga Dayak.

Upacara Tiwah adalah upacara kematian yang biasanya digelar atas seseorang yang telah meninggal dan dikubur sekian lama hingga yang tersisa dari jenazahnya dipekirakan hanya tinggal tulangnya saja.

Ritual Tiwah bertujuan sebagai ritual untuk meluruskan perjalanan roh atau arwah yang bersangkutan menuju Lewu Tatau (Surga – dalam Bahasa Sangiang) sehingga bisa hidup tentram dan damai di alam Sang Kuasa. Selain itu, Tiwah Suku Dayak Kalteng juga dimaksudkan oleh masyarakat di Kalteng sebagai prosesi suku Dayak untuk melepas Rutas atau kesialan bagi keluarga Almarhum yang ditinggalkan dari pengaruh-pengaruh buruk yang menimpa.

Bagi Suku Dayak, sebuah proses kematian perlu dilanjutkan dengan ritual lanjutan (penyempurnaan) agar tidak mengganggu kenyamanan dan ketentraman orang yang masih hidup. Selanjutnya, Tiwah juga berujuan untuk melepas ikatan status janda atau duda bagi pasangan berkeluarga. Pasca Tiwah, secara adat mereka diperkenakan untuk menentukan pasangan hidup selanjutnya ataupun tetap memilih untuk tidak menikah lagi.





[imagetag]





[imagetag]





[imagetag]



Melaksanakan upacara tiwah bukan pekerjaan mudah. Diperlukan persiapan panjang dan cukup rumit serta pendanaan yang tidak sedikit. Selain itu, rangkaian prosesi tiwah ini sendiri memakan waktu hingga berhari-hari nonstop, bahkan bisa sampai satu bulan lebih lamanya.

Upacara tiwah yang digelar keluarga Ari Dewar, anggota DPRD Kotawaringin (Kotim) ini, misalnya. Mereka menyelenggarakan hingga 30 hari lamanya dan mengeluarkan biaya mencapai hampir satu miliar. Tiwah dilaksanakan untuk almarhum ayahandanya Dewar I A Bajik yang meninggal sekitar 12 tahun silam, sang paman Simon Mantir, serta 21 orang jenazah kerabat mereka yang diikutsertakan dalam upacara yang saat ini masih berjalan.





[imagetag]





[imagetag]



"Saya dan saudara saya Alfian O Dampa yang menanggung seluruh biaya tiwah ini, sebab tidak semua orang Kaharingan mampu melaksanakan tiwah. Tiwah ini sifatnya wajib dilaksanakan, sebab sebelum orang yang meninggal dunia ditiwah, maka ia belum bisa masuk ke dalam surga. Ini kepercayaan penganut Agama Kaharingan," terang Ari Dewar.

Tiwah yang diselenggarakan keluarga Ari Dewar di tempat kelahirannya di Desa Rubung Buyung, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotim ini sudah berlangsung sejak minggu kedua Bulan November lalu. Puncaknya pada tanggal 11 Desember 2010 mendatang.

Menurut dia, keluarga yang masih hidup adalah orang yang bertanggung jawab dan berkewajiban mengadakan upacara tiwah. Ritual ini juga sebagai bukti kecintaan mereka terhadap leluhur.

"Siapa lagi yang akan menghantarkan leluhur agar bisa masuk surga kalau bukan keluarga yang masih hidup. Ini menurut ajaran Agama Kaharingan yang dianut almarhum orangtua saya," kata Ari Dewar yang saat ini sebenarnya tidak lagi menganut kepercayaan Kaharingan, agama leluhurnya.

Dia mengaku telah berkonsultasi dengan para guru agama seperti ustaz dan kiai di Banjarmasin. Setelah diizinkan barulah berani menggelar upacara adat tiwah. Ini bentuk penghormatan terhadap leluhur, termasuk ayahnya. Sebab, tiwah merupakan upacara adat asli suku Dayak, sukunya sejak lahir.



[imagetag]

"Ritual ini sudah dilaksanakan sejak ratusan tahun silam, jadi perlu dilestarikan. Mengangkat kerangka orang yang sudah meninggal kemudian menaruhnya di dalam sandung atau rumah kecil dengan tidak menyentuh tanah," jelas Ari Dewar.

Osoh T Agan, pisor atau pemimpin ritual tiwah menjelaskan, ritual tiwah merupakan rukun kematian tingkat terakhir yang waktu pelaksanaannya tidak ditentukan. Bisa dilaksanakan kapan saja sesuai kesiapan keluarga yang ditinggalkan.

Sebelum upacara tiwah dilaksanakan, terlebih dahulu digelar ritual lain yang dinamakan upacara tantulak. Menurut kepercayaan Agama Kaharingan, setelah kematian, orang yang meninggal dunia itu belum bisa langsung masuk ke dalam surga. Kemudian digelarlah upacara tantulak untuk mengantar arwah yang meninggal dunia tersebut menuju Bukit Malian, dan di sana menunggu diberangkatkan bertemu dengan Ranying Hattala Langit, Tuhan umat Kaharingan, sampai keluarga yang masih hidup menggelar upacara tiwah.



[imagetag]

"Bisa juga dikatakan Bukit Malian itu adalah alam rahim, tempat suci manusia tinggal sebelum lahir ke dunia. Di alam itulah orang yang meninggal dunia menunggu sebelum diberangkatkan menuju surga melalui upacara tiwah," terang pemuka Agama Kaharingan dari Kota Palangka Raya ini.

Puncak acara tiwah ini sendiri nantinya memasukkan tulang-belulang yang digali dari kubur dan sudah disucikan melalui ritual khusus ke dalam sandung. Namun, sebelumnya lebih dahulu digelar acara penombakan hewan-hewan kurban, kerbau, sapi, dan babi.

sumber
#98fcde


Read more

Inilah 3 Pohon Tertua Di Dunia

Bristlecone Pine 4200 tahun





[imagetag]




Pohon cemara atau pine (pinus ) merupakan pohon dari family Pinaceae yang

bisa kita temukan di mana saja dan kapan saja asalkan daerah itu

tanahnya berpasir berkapur , banyak air ataupun yang mempunyai kadar

keasaman cukup tinggi. Kita bisa menemukan pohon ini mulai dari

Siberia, Skotlandia, Norwegia, kepulauan Canary, Filipina,

pegunungan Himalaya sampe ke pelosok New Zealand, Brazil dan Chili.





Pohon ini memang tenar karena selain dapat hidup dimana-mana juga

mempunyai daya jual yang sangat tinggi dalam industri perkayuan.

Semua bagian pohon cemara bisa dimanfaatkan mulai dari kayu,getah ,

ranting,biji hingga daunnya mempunyai kegunaan yang bernilai ekonomi

aliasnya pohon ini komersil banget 





Pohon cemara adalah salah satu pohon yang berumur panjang karena bisa

mencapai umur sekitar 100-1000 tahun dan bahkan mencatat rekor menjadi

pohon tertua di dunia melalui cemara dari spesies Great Basin

Bristlecone Pine ( Pinus longaeva ) yang di tahun 2008 ini berumur 4840

tahun!!! Pohon ini tingginya antara 3-80 meter tetapi rata-rata

tingginya 15-45 meter. Pohon tertinggi dari spesies Sugar Pine sedangkan

yang terpendek adalah cemara Potosi Pinyon dan Siberian Dwarf Pine





Jomon Sugi 2000-7000 tahun





[imagetag]





menurut wikipedia, Jomon sugi adalah pohon cemara tertua di Jepang

ditemukan pada tahun 1968, dengan tinggi 25,3 meter dengan volume

300 m kubik diperkirakan usianya antara 2000 – 7200 tahun terletak

di Pulau Yakushima bagian paling utara Jepang 40 menit dengan

pesawat dari Bandar Udara Kagoshima.





Spruce Ione Norwegia 9550 tahun 

Tingginya hanya 4 meter,

namun sebatang pohon sejenis cemara, yang masih hidup di Swedia,

diketahui berusia 9.550 tahun. Hidup sejak akhir zaman es, pohon

tersebut tercatat sebagai yang tertua di dunia saat ini.





[imagetag]




Spesies pohon spruce Ione Norwegia ini ditemukan tahun 2004. para peneliti

menemukannya di sekitar semak-semak pegunungan pada ketinggian 910

meter di Provinsi Dalarna, Swedia. Pohon ini tidak langka karena

penduduk sering menggunakan sebagai pohon Natal.



"Usianya yang sangat panjang kemungkinan besar dipicu emampuannya

mengkloning diri sendiri," ujar Leif Kullman, profesor eologi dan

lingkungan hidup di Universitas Umea, Swedia. Batang dan rantingnya

memang diketahui dapat bertahan hidup hingga 600 tahun. Kullman

menjelaskan, saat batangnya mati, batang baru akan dibentuk dari

akarnya sehingga umurnya menjadi sangat panjang.





Pohon ini lebih tua dari pinus Bristlecone di White Mountain California

yang hanya berusia 5000 tahun. Pinus Bristlecone tertua hanya

bertahan hidup hingga 7.500 tahun namun tumbuh menjulang hingga 150

meter. Jika umur pinus Bristlecone diukur dari garis pohon di

rantingnya yang dipantau setiap tahun, umur cemara di Swedia diukur

dari jejak radiokarbon di akarnya.



Kullman menyatakan pohon yang usianya lebih tua dari 9.550 tahun bisa

dikatakan mustahil. Sebab, seluruh wilayah Swedia kemungkinan masih

diliputi es saat itu.



sumber



#98fcde


Read more

10 Film Terbaik yang Bertemakan Luar Angkasa

Luar angkasa atau angkasa luar atau antariksa (juga disebut sebagai

angkasa), merujuk ke bagian yang relatif kosong dari Jagad Raya, di luar

atmosfer dari benda "celestial". Istilah luar angkasa digunakan untuk

membedakannya dengan ruang udara dan lokasi "terrestrial".

Karena atmosfer Bumi tidak memiliki batas yang jelas, namun terdiri dari

lapisan yang secara bertahap semakin menipis dengan naiknya ketinggian,

tidak ada batasan yang jelas antara atmosfer dan angkasa. Ketinggian

100 kilometer atau 62 mil ditetapkan oleh Federation Aeronautique

Internationale merupakan definisi yang paling banyak diterima sebagai

batasan antara atmosfer dan angkasa.

Dalam dunia perfilman nsendiri ada banyak sekali film film yang mengambil tema ataupun setting  luar angkasa dan dari sekian banyaknya film film bertema luar angkasa

tersebut, berikut adalah 10 Film Terbaik Bertema Luar Angkasa versi ane.

Check this out :



1. Avatar



[imagetag]


Avatar adalah film fiksi ilmiah 3-D yang disutradarai oleh James Cameron.

Film ini dirilis pada16 Desember 2009 di seluruh dunia oleh 20th

Century Fox. Film ini berkisah mengenai konflik di dunia yang bernama

Pandora, di saat manusia dan penduduk asli Pandora terlibat dalam

perang. Film ini dirilis dalam format 2D dan 3D, dan juga akan dirilis

di teater IMAX 3D. Avatar masuk nominasi Oscar termasuk Best Picture

dan Best Director dan menang tiga kategori, Best Visual Effect, Best

Cinematography, dan Best Art Director. Avatar menjadikan film paling

terlaris sepanjang masa sebesar $2,782,206,970 dolar. Rencananya,

Avatar akan dibuat Trilogi-nya setelah filmnya sukses besar.

Sinopsis :

Jake Sully (Sam Worthington), mantan angkatan laut Amerika Serikat yang

terluka dan cacatakibat perang. Ia terpilih untuk berpartisipasi dalam

program Avatar, yang memungkinkannya bisa berjalan kembali. Jake menuju

ke Pandora, sebuah hutan nan subur yang penuh dengan berbagai macam

makhluk hidup yang baik dan yang mengerikan. Pandora juga rumah bagisuku

Na'vi, makhluk yang mirip manusia dengan kehidupan primitif serta

memiliki kemampuan seperti manusia. Saat manusia mencoba memasuki

Pandora untuk menambang mineral yang ada di sana, suku Na'vi

memerintahkan para prajuritnya untuk melindungi negerinya dari ancaman.

Jake direkrut untuk menjadi bagian dari proyek ini. Karena manusia tidak

dapat menghirupudara di negeri Pandora, maka mereka menciptakan makhluk

yang mirip suku Na'vi yang mereka sebut sebagai Avatar. Di Pandora,

dengan tubuh Avatar, Jake dapat berjalan kembali. Di hutan Pandora, Jake

melihat banyak keindahan dan bahaya. Ia juga bertemu dengan wanitamuda

Na'vi bernama Neytiri (Zoe Saldaña).

Seiring berjalannya waktu, Jake berbaur dengan suku Na'vi dan jatuh cinta kepada Neytiri. Pada  akhirnya, Jake terjepit antara tujuannya dikirim oleh perusahaan tambang

ke Pandora dan suku Na'vi, yang memaksanya untuk memihak pada satu

pilihan yang akan menentukan nasib suku Na'vi dan manusia di Pandora.

2. Star Wars





[imagetag]


Star Wars adalah film fiksi ilmiah Amerika Serikat yang disutradarai oleh

George Lucas. Film ini terdiri dari enam film yang urutan perilisan

setiap serinya tidak berurutan. Serial film ini bermula pada tahun 1977

dan sementara ini berakhir pada tahun 2005.

Daftar film Star Wars yang termasuk kanon utama :

Star Wars Episode I: The Phantom Menace (1999)

Star Wars Episode II: Attack of the Clones (2002)

Star Wars Episode III: Revenge of the Sith (2005)

Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)

Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (1980)

Star Wars Episode VI: Return of the Jedi (1983)

Episode IV sampai VI pertama kali dirilis sekitar akhir tahun 1970-an dan awal

1980-an. Konon menurut George Lucas hal ini dilaksanakan karena saat

itu belum tersedia teknologi untuk menggambarkan kemegahan Republik,

sehingga ia memutuskan untuk memulai dari episode IV. Sedangkan episode I

sampai III dibuat pada sekitar tahun 2000-an karena teknologinya sudah

tersedia.

Tema utama dalam Star Wars adalah sebuah perjuangan

semesta yang bersifat abadi antara kebajikan dan kejahatan. Tema ini

digambarkan sebagai sebuah keseimbangan antara mereka yang menggunakan

kekuatan utama yang disebut "The Force" secara jahat atau baik.



3. Armageddon



[imagetag]

Armageddon bercerita tentang sebuah asteroid raksasa yang mengancam kehidupan di

muka bumi karena diperkirakan meluncur dan akan berbenturan dengan

bumi. Kemudian Pemerintah bersama sama dengan para ilmuwan NASA, dan

Departemen Pertahanan, menyusun suatu rencana untuk menyelamatkan bumi.

Mereka meminta bantuan Harry Stamper (Bruce Willis), ahli pengeboran

minyak inti bumi. Harry merasa hal itu tidaklah mungkin dilakukan selama

kurun waktu yang hanya dua minggu, dan dasarnya dia tidak begitu

percaya dengan kemampuan orang lain. Sehingga Harry Stamper, memilih

untuk pergi sendiri ke asteroid beserta kru pengeboran minyak yang ia

miliki termasuk A.J.Frost, (Ben Afflect).

Akhirnya Harry Stemper  beserta kru nya berangkat menggunakan pesawat luar angkasa menuju ke  asteroid untuk melakukan penghancuran asteroid raksasa tersebut.

4. Star Trek



[imagetag]

Film yang bertemakan fiksi ilmiah ini bercerita mengenai sebuah armada

bintang bernama Starfleet sebagai perwakilan kehidupan manusia 200 tahun

pada masa depan bersama-sama dengan United Federation of Planets yakni

kumpulan spesies dari planet dan tata surya lain. Star Trek diciptakan

oleh Gene Roddenberry dan merupakan salah satu franchise hiburan

paling laris di dunia dan memiliki jutaan penggemar yang sering datang

ke Star Trek Conventions(pertemuan para penggemar Star Trek).

Film ini juga meraih sukses di box office dan dilanjutkan dengan film-film

berikutnya yang sampai sekarang (2009) sudah ada sebelas (termasuk film

pertama).

 



5. Deep Impact



[imagetag]

Kisah menegangkan ini dibintangi oleh pemenang Blockbuster Entertainment

Awards 1999, kategori aktor dan aktris favorit yaitu Robert Duvall,

Morgan Freeman dan Tea Lioni dan artis pendukung favorit Elijah Wood.

Film ini mengisahkan tentang ditemukannya satu komet yang bergerak mengarah

ke bumi. NASA berusaha menghancurkan komet tersebut dengan mengirimkan

satu tim astronot yang akan meledakkan komet tersebut. Sementara

presiden (Morgan Freeman) mengumumkan untuk segera dibuat gua untuk

mengamankan seratus juta orang dari kepunahan.

Pada hari dimana komet jatuh ke bumi, suasana berubah menjadi panik dan menegangkan.

Semua orang berebut untuk menyelamatkan diri.

 



6. 2001: A Space Odyssey



[imagetag]

Sebuah monolit muncul tiba-tiba di tengah manusia purba. Entah bagaimana,

kehadiran monolit itu memberi ide penggunaan alat pertama : tulang yang

digunakan sebagai alat pukul. Dengan alat itu, sebuah suku Cro-Magnon

menang atas suku lain, menguasai sebuah mata air. Pada 2001, monolit

serupa ditemukan di bulan. Monolit itu diperkirakan berusia 4 juta

tahun, dan mengirim sinyal kuat ke Jupiter. Beberapa bulan kemudian,

sebuah misi rahasia dikirim ke Jupiter. Pesawat dilengkapi komputer

tercanggih, sebuah "otak" Kecerdasan Buatan (Artificial Inteligent),

bernama HAL 9000. Komputer itu tumbuh seolah memiliki kesadaran

tersendiri, dan memberontak, membunuh secara terencana para awak,

kecuali seorang: Dave. Setelah Dave berhasil memutus kesadaran HAL, ia

menemukan misi rahasia Jupiter itu. Ia terlontar ke sebuah wormhole.

Ruang dan waktu pun terlipat bagi Dave.

 



7. Aliens



[imagetag]

Setelah rentang waktu sekitar tujuh tahun dari film pertamanya Alien (1979),

maka pihak studio Fox pun akhirnya berkesempatan melanjutkan kisah

petualangan Ellen Ripley yang bersetting di luar angkasa ini mengingat

film pertamanya meraih kesuksesan yang luar biasa. Jika film pertama

ditangani oleh Ridley Scott, maka kini tongkat estafet diberikan pada

James Cameron, sutradara yang baru saja angkat nama melalui film

garapannya yang sukses; The Terminator (1984).

Film yang saat ini masuk dalam urutan ke-58 di IMDB Top 250 ini melanjutkan akhir cerita

yang ada di penghujung Alien (1979). Setelah dirinya berhasil

meledakkan kapal Nostromo, Ripley (Sigourney Weaver) menjadi

satu-satunya awak yang selamat dari peristiwa mengerikan yang

menghabisi seluruh awaknya tersebut.

8. Sunshine



[imagetag]

Diceritakan tahun 2057, saat bumi kita sudah diselimuti salju, matahari sekarat

dan manusia manghadapi kepunahan dan hanya bisa berharap pada delapan

orang ilmuan yang diberikan misi membawa sinar matahari kembali ke bumi

dengan menggunakan senjata nuklir. Berangkat ke luar angkasa dengan

pesawat Icarus II selama bertahun-tahun.

Selama perjalanan  menuntaskan misi, banyak halangan dan kejutan yang siap menyambut

mereka. Lengkap dari kesalahan teknis, sifat egois, kontak radio dengan

Icarus I yang sudah mengudara bertahun-tahun yang lalu sampai yang

sudah biasa, matinya personel Icarus II. Tidak ada kemenangan tanpa

pengorbanan. Yang kali ini mereka pertaruhkan bukan hanya nyawa mereka

sendiri, namun semua manusia dan biosfer yang terdapat di planet bernama

bumi.



9. Apollo 13



[imagetag]

Apollo 13 adalah film drama Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1995 dan

disutradarai Ron Howard. Skenario dibuat oleh William Broyles Jr. dan

Al Reinert yang menggambarkan kejadian dramatis Apollo 13 pada tahun

1970 yang diadaptasi dari buku Lost Moon oleh Jim Lovell danJeffrey

Kluger. Film ini dibintangi Tom Hanks, Kevin Bacon, Bill Paxton, Gary

Sinise, Kathleen Quinlan dan Ed Harris.

10. Wall-E





[imagetag]


WALL•E adalah sebuah film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation

Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Tokoh utama dalam film

ini adalah sebuah robot yang bernamaWALL•E.

Pada awal abad  ke-22, sebuah perusahaan "raksasa" Buy N Large (BnL) menguasai

perekonomian di Bumi, termasuk pemerintahan. Akibat dipenuhi sampah

yang tidak didaur-ulang, maka Bumi menjadi sangat tercemar oleh

sampah-sampah elektronik, sehingga kelangsungan hidup manusia menjadi

terancam. Untuk mencegah kepunahan manusia, Shelby Forthright (Fred

Willard) selaku CEO Buy N Large, melakukan pengungsian massal dari Bumi

selama lima tahun di atas armada kapal luar angkasa eksekutif bernama

axiom yang menyediakan setiap keperluan manusia, dan dilengkapi dengan

robot-robot yang semuanya berjalan secara otomatis untuk melayani

kebutuhan manusia.

Ratusan-ribu unit robot penghancur sampah  yang dinamai dengan WALL•E ditinggalkan di Bumi untuk membersihkan Bumi. Robot-robot tersebut diprogram untuk memadatkan dan menumpuk

sampah-sampah elektronik yang telah memenuhi seluruh daratan di Bumi,

agar memudahkan untuk peleburan. Tumpukan sampah-sampah elektronik

telah dipadatkan dan dikumpulkan oleh robot-robot WALL•E, tumpukan

sampah tersebut telah setinggi gedung pencakar langit. Namun, proyek

ini dibatalkan karena Forthright memperkirakan bahwa pada tahun 2110

Bumi sudah terlalu tercemar dan sudah tidak memungkinkan untuk dihuni

oleh manusia. Pada tahun 2815, kira-kira 700 tahun kemudian, hanya satu

WALL•E yang masih berfungsi.

Itulah 10 Film Terbaik Bertema Luar Angkasa versi ane. Gimana menurut ente ?

sumber



#98fcde


Read more

10 Film Animasi Dengan Kisah yang Mengharuhkan

Mendengar kata Film Animasi mungkin yang tersirat di dalam benak agan agan

adalah sosok sosok lucu yang ditampilkan penuh senyum dan ceria. Tapi

ternyata sadar atau tanpa agans sadari ada beberapa film animasi yang

justru malah membuat yang menonton sedih dan terharu ketika sedang atau

setelah menonton film animasi tersebut. Dari sekian banyaknya film

animasi yang ada, inilah 10 Film Animasi Paling Mengharukan versi ane

gans. Check this out :



1. Hotaru No Haka / Grave of the Fireflies





[imagetag]


Grave of the Fireflies menceritakan kehidupan tragis nan menyentuh yang

dialami dua orang kakak adik, Seita dan Setsuko di saat kota mereka,

Kobe dihujani bom besar-besaran oleh pesawat Amerika pada saat perang

dunia ke 2 berlangsung. Akibatnya dalam sekejap kehidupan normal dan

bahagia mereka berubah drastis. Pemboman tersebut tidak hanya

menyebabkan mereka harus kehilangan orangtua, namun juga membuat mereka

harus berjuang bertahan hidup ditengah situasi yang tidak serba tidak

pasti.

Apa yang ditampilkan oleh Grave of the Fireflies mampu

memberikan gambaran realistis tentang apa yang terjadi disaat itu,

sebuah gambaran pedih yang jauh dari kisah-kisah bahagia yang sering di

jual animasi-animasi ceria kebanyakan. Isao Takahata dengan sangat baik

menyisipkan sebuah pesan yang kuat dibalik goresan-goresan animasinya

yang indah, sebuah pesan dimana perang selalu lebih banyak meninggalkan

kesedihan dibanding kebahagiaan bagi orang-orang yang terlibat

didalamnya, baik langsung maupun tidak langsung.

Hotaru no Haka / Grave of the Fireflies berhasil menampilkan sebuah kisah sederhana,

realistis dan menyentuh yang mampu memberikan efek besar bagi para

penontonnya. Tidak terlalu berlebihan rasanya jika Roger Ebert

menganggap animasi satu ini adalah salah satu the most powerful anti-war

movies ever made, bahkan mereka pun berani menyandingkannya dengan

karya hebat Steven Spielberg, Schindler's List.

 



2. Up





[imagetag]


Carl Fredricksen (Edward Asner) adalah bocah pendiam yang bersahabat dengan

cewek Tomboy bernama Ellie, yang ternyata sama-sama mengidolakan

Charles Muntz, seorang penjelajah. Kemudian Carl dan Ellie menikah.

Kehidupan mereka yang diperlihatkan tanpa adegan berbicara terlihat

sangat bahagia, dengan musik yang ceria dan obsesi pertama mereka

adalah memiliki anak. Setelah mempersiapkan segalanya, kenyataan

berubah ketika Ellie dinyatakan oleh dokter bahwa ia tidak dapat hamil.

Sesaat musik menjadi lebih lambat dan sedih, namun kembali menjadi

semangat saat Carl dan Ellie berusaha menyisihkan pendapatan mereka

untuk terbang ke Paradise Falls, tempat Charles Muntz tadi. Namun,

tetap saja halangan selalu muncul sehingga mereka selalu memakai uang

dari tabungan tadi, sampai akhirnya mereka berdua menjadi kakek-nenek.

Carl, yang menyadari obsesi mereka belum tercapai membeli tiket ke

Amerika Selatan, dan ingin memberikan kejutan untuk Ellie. Namun,

sebelum impiannya tercapai, Ellie terlebih dahulu meninggal dunia. Hal

ini menyebabkan Carl benar-benar kehilangan semangat hidup dan menjadi

pendiam dan tertutup.

Pagi itu, seperti biasanya Carl bangun

pagi dan menjalankan aktivitasnya. Ia keluar, duduk dikursi rumahnya

dan zoom out bahwa ternyata rumahnya ada di tengah-tengah pekerjaan

konstruksi, mengisyaratkan bahwa rumahnya juga akan digusur sebentar

lagi. Ia pergi untuk mengecek kotak surat, dan sempat

berbincang-bincang dengan salah satu pekerja konstruksi. Saat sedang

menonton TV, ia bertemu dengan Russell (Jordan Nagai), seorang pramuka

yang bersemangat dan akan membantunya melakukan apa saja.



3. Wall-E



[imagetag]

Ini merupakan kisah dimana bumi sudah dianggap tidak layak untuk menjadi

tempat tinggal manusia dan bumi berubah menjadi tumpukan sampah yang

tidak dapat diaur ulang akibat kemajuan teknologi yang begitu pesat.

Manusia sudah berusaha untuk mencari planet lain untuk tempat tinggal

mereka. Akan tetapi tidak ada palnet yang seperti bumi. Mereka akhirnya

memutuskan untuk menciptakan pesawat luar angkasa untuk tempat tinggal

mereka sementara karena manusia membuat robot yang ditinggal dibumi

yang ditugaskan untuk membersihkan sampah tersebut dengan cara dipres

dan diberi nama WALL-E.

Wall-E dibumi telah punah tetapi ada

satu yang masih aktif dan dia mempunyai sahabat berupa binatang kecil

seperti kecoak mereka adalah sahabat yang selalu setia menemani Wall-E

saat menjalankan tugas. Suatu hari ada pesawat luar angkasa yang datang

kebumi mengirim robot probe bernama EVE yang bertugas mencari tanaman

sebagai tanda apakah dibumi ada tanda-tanda kehidupan lagi.



4. 5 cm per Second



[imagetag]

Tohno Takaki dan Akari Shinohara adalah dua teman sekelasnya di sebuah

sekolah dasar. Selama waktu mereka bersama-sama mereka telah menjadi

teman dekat. Hubungan mereka diuji ketika Akari transfer ke kota lain

karena orangtuanya pekerjaan. Keduanya berjuang untuk menjaga

persahabatan mereka hidup sebagai waktu dan jarak perlahan-lahan menarik

mereka terpisah. Ketika Takaki menemukan bahwa ia bergerak lebih jauh

lagi, ia memutuskan untuk mengunjungi Akari yang terakhir kalinya.

Film ini adalah kumpulan dari tiga cerita; episode pertama, Oukashou,

menunjukkan hari reuni mereka. Episode berikutnya, kosmonot, mengikuti

cerita tentang Takaki setelah reuni berlangsung dari sudut pandang orang

lain. Episode terakhir, Byousoku 5 centimeter, klip dari gerakan

pikiran mereka.

5. Bambi



[imagetag]  

Bercerita tentang persahabatan antara Bambi, rusa kecil, dan Thumper, seekor

kelinci yang imut. Bambi dan Thumper melakukan sebuah petualangan yang

besar, sampai datang musim dingin yang tajam dan pemburu membunuh ibu

Bambi. Musim semi datang dan mereka semua menjadi kalang-kabut, manusia

datang kembali ke hutan, api besar hampir menewaskan semuanya.

 



6. Spirited Away



[imagetag]

Cihironadalah gadis berusia sepuluh tahun yang pindah ke kota lain bersama

orang tuanya. Dia tidak begitu senang dengan rencana kepindahan tersebut

dan hanya mempertimbangkan bagaimana rencana tersebut memengaruhi

dirinya, mengeluh tentang semuanya termasuk sekolah barunya sampai buket

bunga yang telah diberikannya kepada teman-temannya sebagai hadiah.

Ketika sedang mencari rute yang lebih dekat ke rumah baru mereka, Ayah

Chihiro mengendara ke jalan kecil yang berakhir ke bangunan misterius.

Orang tua Chihiro penasaran dan masuk melewatigerbang yang gelap dari

bangunan tersebut. Di sisi lain, mereka menemukan apa yang mereka

asumsikan sebagai taman bermain yang sudah ditinggalkan, yang nantinya

disingkap bahwa tempat itu sebenarnya perbatasan antara dunia arwah dan

dunia manusia.

7. Voices of a Distant Star



[imagetag]

Voices of a Distant Star adalah cerita sepasang manusia yang dipisahkan oleh

jarak dan waktu.Nagamine Mikako dan Terao Noboru adalah pasangan muda

yang baru saja lulus junior high school (semacam SMP di Indonesia).

Nilai mereka cukup tinggi untuk masuk sekolah senior high school (atau

SMA) yang sama.Noboru dengan senang hati memberi tahu Mikako: 'Kita bisa

masuk sekolah yang sama.' Dan dikejutkan oleh pernyataan Mikako bahwa

ia telah mendaftarkan diri untuk ikut pasukan expedisi UNSF.

Beberapa tahun sebelumnya, manusia diserang oleh Tarisian yang membantai

seluruh expedisi ke Mars. UN membangun pasukan untuk membalas dendam

dan mengejar. Setelah latihan setahun, tibalah waktunya UNSF

meninggalkan orbit bumi. Di antaranya, Mikako anggota kapal angkasa

Risitia. Dalam perjalanan, Mikako selalu mengirim email ke Noboru.

Semakin jauh jarak antara bumi dan Risitia semakin lama sampai. Sejam,

seminggu, sebulan dan akhirnya setengah tahun dari Pluto. Masa tenang

usai. Di Pluto, ribuan pesawat Tarisian terdeteksi dan mengejar armada

UNSF yang hanya memiliki empat kapal. Sementara Mikako bergulat dengan

maut, di bumi Noboru memeriksa mobile phone yang selalu dibawanya.

Tetapi tidak ada email dari Mikako. Bulan demi bulan lewat. Setahun

kemudian email tiba. 'Risitia melakukan space warp', Mikako dengan

sedih menulis, 'Email selanjutnya akan membutuhkan waktu 8 tahun 7

bulan. Tahun demi tahun berlalu. Dan Noboru masih tetap setia menanti

email.



8. Pocahontas



[imagetag]

Pocahontas adalah sebuah film animasi produksi Walt Disney Feature Animation yang

dirilis ke bioskop oleh Buena Vista Pictures pada 16 Juni 1995. Film

ini merupakan film ke-33 dari rangkaian film animasi klasik Walt

Disney. Film ini mengenai Pocahontas seorang anak kepala suku Indian

yang menjalin persahabatan dengan seorang Inggris bernama John Smith.

John Smith adalah salah seorang awak perusahaan Virginia Company yang

menjelajah Amerika Utara membawa para pemukim Inggris.

9. The Fox and the Hound



[imagetag]

Setelah seekor anak rubah merah menjadi yatim piatu, burung hantu Big Mama

(Pearl Bailey), burung pelatuk Boomer (Paul Winchell), burung finch

Dinky (Richard Bakalyan) mengatur agar anak rubah merah itu diadopsi

oleh manusia bernama Widow Tweed (Jeanette Nolan). Tweed menamakannya

Tod (disuarakan oleh Keith Coogan) karena mengingatkan dirinya pada anak

kecil yang baru belajar berjalan (bahasa Inggris: toddler). Sementara

itu, tetangga Tweed bernama Amos Slade (Jack Albertson) membawa pulang

ke rumah seekor anak anjing pemburu bernama Copper (Corey Feldman), dan

memperkenalkannya kepada anjing pemburunya yang bernama Chief (Pat

Buttram). Tod dan Copper menjadi teman baik, dan bersumpah untuk menjadi

"sahabat selama-lamanya". Slade kesal dengan Copper yang selalu pergi

bermain ke tempat yang jauh, dan akhirnya Copper diikat. Sewaktu

bermain dengan Copper di rumahnya, Tod tidak sengaja membangunkan

Chief. Slade dan Chief mengejar Tod hingga Tweed meminta keduanya untuk

berhenti mengejar. Setelah terjadi adu pendapat antara Slade dan

Tweed, Slade berkata bahwa Tod akan dibunuhnya bila sekali lagi

memasuki tanah pertanian miliknya. Musim berburu dimulai, dan Slade

mengajak anjing-anjingnya ke hutan untuk berburu. Sementara itu, Big

Mama menjelaskan kepada Tod bahwa persahabatannya dengan Copper tidak

dapat berlanjut, karena anjing dan rubah adalah musuh alami, namun Tod

tidak percaya.

10. Beauty and The Beast





[imagetag]


Di prolog film, seorang peri menyamar menjadi seorang wanita tua yang

ingin menginap semalam di istana seorang pangeran dengan bayaran

setangkai mawar. Ketika sang pangeran mengusirnya, peri itu marah dan

mengutuknya menjadi binatang atau biasa di sebut Beast mengerikan serta

para pelayan juga dikutuk menjadi perabotan rumah tangga. Sang peri

memberi Beast sebuah cermin ajaib di mana Beast dapat melihat

tempat-tempat yang jauh. Sang peri juga memberi Beast mawar. Pada

ulangtahun ke-21 Beast, kelopak mawar terakhir akan jatuh. Apabila

sebelum kelopak mawar terakhir jatuh, Beast mencintai seseorang dan

cintanya dibalas, Beast dan pelayan-pelayannya akan berubah menjadi

manusia. Namun kalau yang terjadi sebaliknya, Beast dan pelayan-pelayan

tidak akan dapat menjadi manusia lagi.

Bertahun-tahun kemudian,  gadis cantik namun unik bernama Belle tinggal di kota kecil di Perancis

bersama ayahnya Maurice yang merupakan seorang penemu. Belle sangat

gemar membaca sehingga dia dianggap aneh oleh penduduk desa. Seorang

pemburu sombong bernama Gaston berusaha meminang Belle.

Suatu  ketika, Maurice hendak menunjukkan penemuan barunya ke sebuah pameran,

meninggalkan Belle sendirian di rumah. Ketika Belle sedang membaca,

Gaston datang untuk melamarnya. Belle menolak lamarannya.

sumber



#98fcde


Read more

IDEGUE NEWS

BERITA TERBARU

Blog archive

Fans idegue network

Followers

 

Idegue network Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger