Thursday, November 17, 2011

Berikut 5 Fakta Mengenai Bintang Laut

Bintang laut merupakan salah satu kekayaan hayati fauna yang seringkali dan mudah ditemukan di daerah pantai dan laut dangkal di seluruh belahan dunia. Namun walaupun demikian tidak semua orang mengetahui lima fakta seperti berikut ini:

1. Tidak semua bintang laut memiliki lima tangan
Beberapa memiliki lebih banyak. Sun Star misalnya, pada saat dewasa lengannya bisa mencapai 40 buah!
[imagetag]

2. Bintang laut dapat meregenerasikan (menumbuhkan) lengannya yang putus
Hal ini berguna jika bintang laut terancam oleh predator, dia dapat memutuskan lengannya sendiri dan kabur. Dibutuhkan sekitar satu tahun untuk dapat tumbuh kembali.
[imagetag]

3. Bintang laut tidak memiliki darah
Memiliki sistem vaskular air, di mana bintang laut dapat memompa air laut melalui pelat saringan atau disebut "madreporite" yang juga dapat menjadi kaki tabung untuk memperpanjang mereka. Otot di dalam kaki tabung menarik kembali mereka.
[imagetag]

4. Bintang laut makan dengan mengeluarkan perut
Mulut bintang laut ada di bawah tubuhnya. Mereka memangsa kerang dan remis, serta ikan kecil, keong, dan lainnya. Mereka mencerna binatang dan memasukkan perutnya kembali ke dalam tubuh sendiri. Mekanisme cara makan yang unik ini memungkinkan bintang laut untuk memakan mangsa yang lebih besar dan dapat masuk ke dalam mulutnya yang kecil.
[imagetag]

5. Bintang laut memiliki mata
Meskipun mereka tidak dapat melihat serta seperti yang kita lakukan, bintang laut memiliki mata pada ujung setiap lengan. Mata bintang laut sangat sederhana, terlihat seperti titik merah. Matanya tidak melihat secara detail, tetapi bisa merasakan terang dan gelap.
[imagetag]

miawmiaw 17 Nov, 2011

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments to “Berikut 5 Fakta Mengenai Bintang Laut”

IDEGUE NEWS

BERITA TERBARU

Blog archive

Fans idegue network

Followers

 

Idegue network Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger